-->

IKUTI 6 LANGKAH TEPAT AGAR TIDAK SALAH PILIH JURUSAN KULIAH


Di jaman yang semakin maju, setiap lowongan pekerjaan menetapkan syarat ‘sarjana’. Nah, kamu yang sekarang duduk di kelas XII SMA / SMK atau yang sudah lulus bingung mau kuliah jurusan apa. Begitu banyak pilihan jurusan yang ditawarkan kampus negeri maupun kampus swasta.


Sebelum memilih jurusan, kamu akan memilih kampus mana yang kamu incar terlebih dulu. Berbagai hal perlu kamu pertimbangkan agar tidak kewalahan di kemudian hari. Jika prestasimu sangat baik di sekolah kamu bisa pilih kampus negeri. Namun jika kamu tidak mampu secara akademik ikut seleksi masuk kampus negeri, tak jadi masalah masih ada kampus swasta. 

Carilah informasi sebanyak – banyaknya tentang kampus swasta tersebut seperti :
1. Izin dari MENRISTEKDIKTI
2. Masa akreditasi kampus dan jurusan
3. Alumni kampus tersebut
4. Kepemilikan lahan kampus, gedung dan fasilitas pendukung lainnya
5. Lokasi kampus
6. Cara pembayaran uang kuliah (dapat dicicil atau harus tunai), total biaya kuliah dan berbagai beasiswa yang ditawarkan. Setelah kamu memilih kampus, saatnya kamu memilih jurusan kuliah dengan langkah berikut :

1. Melihat Kemampuanmu
Lihatlah kembali nilai – nilai rapotmu dari kelas X hingga kelas XII. Nilai – nilai mata pelajaran apa yang paling tinggi dan kamu selalu unggul di mata pelajaran tersebut. Supaya kamu tidak terbebani saat mengikuti mata kuliah yang ada di jurusan yang kamu pilih. Kalau kamu memilih jurusan yang berisi ilmu yang sulit kamu pelajari, kamu akan stres sendiri nanti.

2. Menelusuri hasrat / kemauan hatimu
Apa yang selalu membuat hatimu senang? Berbicara dan tampil di depan banyak orang? Mengerjakan proyek yang jauh dari keramaian (ditonton orang – orang)? Jika suka tampil di hadapan umum, pilihlah jurusan yang memfasilitasi kamu selalu tampil di depan umum. Namun jika kamu tidak suka tampil di hadapan umum, pilihlah jurusan yang sesuai kepribadianmu.

3. Melihat jumlah peminat jurusan dan peluang kerja
Agar kamu tidak kaget dan semakin pesimis mengenai lowongan kerja setelah kamu wisuda. Kamu ketahui dari sekarang jurusan yang paling diminati dan peluang kerjanya. Jika jurusan ‘X’ sangat banyak peminat sementara peluang kerja nya sempit sebaiknya jangan dipilih.

4. Cari atau minta informasi tentang daftar mata kuliah
Lihatlah daftar mata kuliah dari tiap  jurusan yang akan kamu pilih. Cari tahu gambaran tentang mata kuliah tersebut. Selanjutnya, kamu bisa membandingkan beberapa jurusan tersebut berdasarkan mata kuliahnya masing – masing.

5. Mempunyai gambaran setelah wisuda
Bayangkanlah dirimu setelah wisuda akan melamar kerja dimana. Apakah kamu akan buka usaha sendiri atau bekerja sebagai karyawan di perusaahan? Hal ini penting agar kamu persiapkan dirimu sejak dini. Sehingga kamu bisa lulus tepat waktu atau bahkan lebih cepat. Manfaatnya juga kelak kamu cepat dapat pekerjaan dan sesuai dengan harapanmu.

6. Cari tahu komunitas / organisasi berkaitan dengan jurusan
Saat kamu kuliah nanti, penting sekali kamu ikut komunitas dan organisasi berkaitan dengan jurusanmu. Apakah organisasi itu ada di kampus atau di luar kampus. Manfaatnya, kamu melatih soft skillmu yang akan dipakai di dunia kerja nantinya. Soft skill seperti kerja sama, kepemimpinan, mandiri, disiplin, tahan terhadap tekanan, komunikasi yang baik, dll lebih diutamakan di dunia kerja.

Pahami jurusan kuliah yang kamu pilih agar kamu menikmati masa – masa kuliahmu, menoreh prestasi selama kamu kuliah, lulus kuliah dengan cepat dan mudah dapat pekerjaan sesuai keinginanmu. Karena kamu kuliah bukan untuk gaya tapi untuk meningkatkan taraf kehidupanmu dan terlebih membahagiakan orangtuamu.

0 Response to "IKUTI 6 LANGKAH TEPAT AGAR TIDAK SALAH PILIH JURUSAN KULIAH"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel