-->

IDE DAN TIPS BISNIS KULINER 2020


Anda ingin menambah penghasilan? Apapun profesi yang anda geluti sekarang, tuntutan biaya hidup mendesak anda mencari penghasilan tambahan. Atau mungkin upah dari profesi anda tidak mencukupi kebutuhan anda dan keluarga. Untuk anda yang punya keahlian memasak, bisnis kuliner sangat disarankan. Beberapa ide bisnis berikut bisa anda coba tekuni.

1. Produksi camilan rumah tangga
Camilan merupakan makanan yang sering dikonsumsi anak – anak hingga orang dewasa. Ciptakanlah sebuah camilan yang sesuai selera pasar. Camilan yang paling disukai cenderung bertekstur krispi atau renyah misalnya, krupuk dan kripik. Berikan bentuk yang unik serta varian rasa yang beragam untuk camilan kreasimu. Buat kemasan yang menarik dan higenis. Promosikan melalui media sosial. Bila memungkinkan, bawalah kreasi camilan anda ke tempat kerja atau kemanapun anda berkunjung. Kalau rasa camilan sesuai selera mereka, mereka tentu akan mau membelinya terus – menerus. Bahkan kamu bisa meningkatkan jumlah produksi.

2. Jasa katering
Jasa katering akan selalu dibutuhkan sampai kapanpun. Memang untuk modal awalnya aga besar. Namun, kalau anda bisa kelola dengan baik, maka keuntungan yang akan anda terima juga setimpal. Beberapa hal yang harus anda catat ialah mencari produsen bahan baku yang terjangkau, pastikan kebersihannya selama proses masak dan pengemasan terjamin, menjaga tingkat kematangan dan tekstur masakan pas serta rasa yang lezat di lidah.

3. Warung nasi
Kita memang sering melihat warung nasi, tapi jangan membuat anda takut memulai usaha ini. Anda tentu harus punya keunggulan dan konsep yang kreatif agar konsumen mau berlangganan. Amati dahulu lokasi yang cocok untuk anda membuka warung nasi. Apakah di depan rumah anda atau di tempat lain. Jika ingin di depan rumah anda, harus anda pastikan warga di sekitar rumah anda sangat ramai dan sebagian besar merupakan pekerja yang tidak sempat masak. Hidangkan menu yang sederhana namun digemari banyak orang.

4. Toko kue yang lengkap
Jika anda mahir membuat aneka kue, baik kue kering maupun kue basah, dari kue yang tradisional hingga kue moderen sangat cocok dengan usaha ini. Anda bisa membuka toko kue di teras depan rumah anda. Anda bisa mempekerjakan orang kepercayaan anda untuk menjaga serta melayani pembeli sementara anda bekerja. Setelah anda pulang kerja anda bisa memonitor transaksi penjualan.

Tips untuk berbagai usaha kuliner di atas :

1. Mulailah dengan modal yang kecil
Sangat aman jika anda memulai dengan modal yang kecil terlebih dulu, dengan tujuan mengamati perkembangan keterampilan anda dalam berbisnis. Kalaupun rugi, anda tidak kehilangan banyak uang.

2. Pisahkan keuangan untuk usaha anda
Jangan campur uang untuk operasional usaha dengan uang untuk kebutuhan hidup sehari – hari. Sehingga segala sesuatu terkait perputaran uang di usaha anda bisa terpantau dengan baik.

3. Evaluasi hasil masakan anda
Cobalah meminta orang mencicipi masakan anda. Mintalah penilaian dari orang yang anda kenal objektif dan blak – blakan berbicara. Sehingga anda bisa mengoreksi serta memperbaiki masakan anda agar lebih baik.

4. Latih konsistensi masakan anda
Biasakan diri anda memasak dengan takaran yang sama, rasa yang tidak berubah meskipun anda masak berkali – kali. Sehingga orang yang sudah suka dengan masakan anda tidak kecewa.

5. Catat segala hal terkait usaha anda
Semua aspek yang terkait usaha harus anda catat, mulai dari alat – alat produksi, biaya produksi, upah karyawan (jika ada) laba bersih tiap bulannya, menu yang paling diminati dan pelanggan yang paling sering membeli.

Sekian ide dan tips usaha kuliner untuk pemula. Apa yang anda tekuni dari sekarang tentu akan memberi keuntungan yang menjanjikan bagi anda. Selamat memulai usaha anda semoga berhasil.

0 Response to "IDE DAN TIPS BISNIS KULINER 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel