-->

WASPADA KANKER USUS, KENALI GEJALANYA


Kanker usus adalah penyakit yang biasa menyerang orang lanjut usia, karena metabolisme tubuh yang mulai menurun. Namun ternyata kanker usus juga bisa menyerang orang di usia produktif. Orang di usia produktif bisa menderita penyakit ini karena pola hidup yang tidak sehat. Kurangnya asupan serat dan air, sementara kadar lemak yang dikonsumsi sangat tinggi mengakibatkan usus bekerja terlalu keras. Ditambah dengan kebiasaan begadang dan waktu makan tidak teratur. Jika berlangsung cukup lama, hal ini dapat menimbulkan tumbuhnya sel kanker di usus. Jika ditemukan di awal perkembangannya, sel kanker akan lebih mudah diangkat, namun bila sudah stadium akhir kemungkinan untuk sembuh sangat kecil. Sebagai pengetahuan dasar bagi anda, ada baiknya anda mengenal gejala kanker usus.


  • Perubahan pola buang air besar

Umumnya orang yang sehat buang air besar rutin setiap hari di waktu pagi hari atau waktu – waktu tertentu. Amati pola buang air besar anda dan bentuk tinja anda. Apabila anda merasa waktu buang air besar anda berubah drastis, mencret tanpa sebab, ukuran tinja kecil – kecil dan berlangsung beberapa kali padahal sebelumnya tidak begitu, anda harus bertanya kepada dokter. Buang air besar tidak normal diakibatkan perkembangan benjolan sel kanker.

  • Sakit perut parah yang cukup sering

Sakit perut yang timbul tiba – tiba, menyerang dengan rasa yang sangat sakit dan dalam waktu yang cukup lama patut diwaspadai. Bila sakit perut hilang setelah buang air besar, maka itu wajar. Bila sakit perut hilang setelah minum obat maag, tidak perlu khawatir karena hanya sakit maag. Kalau sakit perut anda tak kunjung reda meski telah mengonsumsi obat, anda harus segera konsultasi ke dokter.

  • Terdapat darah pada tinja / feses

Darah yang terlihat berwarna gelap dan samar bercampur pada tinja. Darah tersebut berasal dari usus dan bukan dari anus. Jika darah berasal dari anus, maka warna darah merah cerah dan tampak jelas terpisah dari tinja. Sebelum tinja keluar, perut terasa sulit mengeluarkan kotoran tersebut padahal anus anda sudah terbuka lebar.

  • Selalu merasa lelah

Rasa lelah yang timbul bersumber dari dua penyebab; yang pertama karena kekurangan darah akibat keluarnya darah yang bercampur dengan tinja dan yang kedua, karena sel kanker yang sedang tumbuh menyerap suplai energi pada tubuh. Rasa lelah yang menandakan adanya kanker tidak hilang meskipun anda sudah mengurangi aktivitas anda.

  • Berat badan turun

Berat badan yang turun adalah hal yang wajar bila anda sedang diet atau stres. Namun bila berat badan turun drastis tanpa sebab maka itu salah satu tanda adanya penyakit serius.

Beberapa gejala di atas merupakan tanda sel kanker sudah tumbuh di usus. Perhatikan apakah semua gejala di atas anda alami atau hanya satu atau dua. Bila hanya satu atau dua gejala di atas bisa jadi itu penyakit lain. Untuk hasil yang lebih akurat, bila semua gejala di atas anda rasakan, anda bisa mengunjungi dokter spesialis penyakit dalam untuk memeriksa kondisi anda lebih lanjut.

0 Response to "WASPADA KANKER USUS, KENALI GEJALANYA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel