-->

6 HAL PENTING YANG HARUS DILAKUKAN MABA (MAHASISWA BARU)

5 hal yang harus dilakukan Maba

Menjadi mahasiswa untuk pertama kali, menimbulkan banyak pertanyaan yang bersarang di kepala. Akankah cepat beradaptasi dan diterima dengan ramah oleh para senior? Terlepas dari beberapa tanda tanya tersebut, kamu harus mampu mengelola diri dengan baik. Karena semua kamu lakukan secara mandiri dan punya inisiatif. Tidak seperti pelajar SMA yang masih disuru - suru dan dibujuk agar mengerjakan tugas. Ada 5 hal yang harus kamu lakukan sebagai maba alias mahasiswa baru. Check it out ...

Mengenal pihak - pihak yang berhubungan dengan prodi (program studi) yang kamu pelajari. Mulai dari Rektor, wakil rektor, ketua prodi, para dosen, para kakak senior & sesama maba. Jaga hubungan komunikasi yang baik dengan mereka, baik di dunia nyata maupun di dunia maya.

Mencari teman - teman yang bisa kamu kelompokkan menjadi 3 jenis, yaitu : teman untuk bermain, teman untuk konsultasi dan teman bekerja sama. Kamu sebagai mahasiswa pasti butuh merilekskan pikiran dengan teman - teman yang humoris dan santuy. Pada saat yang lainpun kamu menghadapi kesulitan, mintalah pendapat dari teman - teman yang bijaksana. Agar kamu tidak terlena saat berstatus mahasiswa, belajar lah secara kelompok bersama teman - teman yang serius belajar, sehingga kamu terpacu untuk berprestasi.

Miliki niat & tujuan yang benar dalam menjalani kehidupan kampus. Banyak godaan yang siap menjeratmu dari berbagai arah. Mulai dari gaya hidup mahasiswa yang hedonis dan konsumerisme, ambisi demi kebanggaan semu menjabat di organisasi kampus, bujuk rayu cowok ganteng atau cewek cantik di kampus, serta godaan lainnya yang terlalu ramai bila disebut. Jika tak mampu mengendalikan diri lebih baik tidak usah pacaran. Daripada kuliah berantakan.

Pelajari seluk beluk skripsi sejak awal kuliah. Apalagi mata kuliah di semester awal masih terbilang mudah. Ini kesempatan bagus untuk kamu kepoin skripsi. Jangan tahunya kepoin status sosmed orang. Skripsi itu wadah kamu yang menunjukkan kemampuanmu. Kalau di posisi koki, maka skripsinya adalah hidangan lezat yang disajikan secara indah. Gak enak loh kalau skripsi asal jadi. Bagaikan nasi goreng kurang garam, kebanyakan cabe dan disajikan tanpa hiasan di piring plastik.

Mencari informasi untuk kerja sampingan yang linier dengan jurusan kamu. Jangan matre alias melihat upah. Selagi upah itu cukup untuk ongkos dan beli pulsa, disyukuri saja. Karena kamu sudah menambah pengalaman kerja yang bisa jadi isi CV (Curriculum Vitae) kamu setelah wisuda.

Semoga kamu menikmati momen - momen berharga sebagai mahasiswa baru. Dan yang terpenting apa yang kamu kumpulkan hari ini akan memberi hasil memuaskan di hari yang akan datang.

0 Response to "6 HAL PENTING YANG HARUS DILAKUKAN MABA (MAHASISWA BARU)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel