-->

TIPS MENDIDIK ANAK JADI CERDAS DAN BAHAGIA

Tips mendidik anak jadi pintar dan bahagia

Sejujurnya penulis belum merasakan jadi orang tua, tapi karena kepedulian tentang dunia pendidikan akhirnya tercurahkanlah kumpulan tips membuat anak jadi cerdas dan bahagia. Tapi para orang tua tidak perlu khawatir, tips berikut sudah berdasarkan pengalaman sejumlah orang tua yang penulis amati.

Mengajak anak berdiskusi
Orang tua pada umumnya sering mengajak anak berbicara, namun masih bersifat bercanda ringan. Pernahkah ayah atau bunda berdiskusi dengan anak mengenai aturan di dalam keluarga? Apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan, alasannya apa dan apa hukuman bila melanggar aturan. Pikiran anak akan semakin tajam jika anak sering dilibatkan dalam diskusi yang mendalam tapi tetap dalam suasana santai dan raut wajah yang tenang sehingga si anak tidak merasa tegang seperti sedang ujian.

Mengajak anak beraktivitas fisik
Banyak anak zaman sekarang kecanduan game di ponsel pintar. Padahal seharusnya anak lebih banyak beraktifitas fisik supaya pertumbuhannya maksimal, organ -organ tubuhnya sehat dan mentalnya pun stabil. Anak yang cerdas adalah anak yang mampu memilih kegiatan yang penting dan mengelola emosinya dengan baik.

Memberi tontonan edukatif dan konstruktif
Anak juga butuh menonton sebagai sarana hiburan. Agar kegiatan menonton memberi manfaat dan bukan merusak mental anak, pilihkan film dan acara yang sudah ayah / bunda review terlebih dulu. Jam menonton tv pun tak boleh lebih dari 3 jam dalam sehari. Dikhawatirkan anak jadi malas bergerak, malas belajar, malas berfikir dan malas bersosialisasi.

Mengajak anak membaca
Membiasakan anak dengan kegiatan yang baik tidak bisa hanya dengan menyuruh. Karena anak lebih cenderung meniru apa yang dilakukan ayah bunda daripada melakukan apa yang ayah bunda katakan. Untuk tahun - tahun pertama, bacalah buku cerita bersama anak. Setelah selesai membaca, ajaklah anak mengulas buku yang sudah dibaca tersebut. Hal ini dapat melatih anak menjadi teliti dan cekatan. Kegiatan membaca pun memberi banyak manfaat seperti : menambah wawasan, pengetahuan, mempertajam ingatan, menambah kosa kata, dll.

Memilih sekolah yang baik
Jangan asal pilih sekolah untuk anak, agar tidak menyesal di kemudian hari. Sekolah yang baik tidak harus mahal. Kriteria sekolah yang baik ialah : lingkungan sekolah yang bersih (luar dan dalam), para guru yang peduli dengan perkembangan siswa, para siswa yang senang bersaing secara jujur. Iklim positif lingkungan sekolah dapat membentuk karakter baik pada anak. Sebaliknya, iklim lingkungan sekolah yang tidak disiplin, siswa bersaing secara curang, guru yang tidak peduli dan toilet yang kotor akan membentuk anak jadi pribadi yang sembrono, urakan, apatis, curang dan nakal.

Mengevaluasi hasil belajar anak bersama - sama
Membicarakan hasil belajar bersama anak menumbuhkan kepedulian anak akan perkembangannya sendiri. Ayah dan bunda harus bijak melihat daftar nilai anak. Jangan paksa anak harus unggul di mata pelajaran yang bukan bakatnya tapi beri semangat agar nilai mata pelajaran tersebut jangan sampai merah. Untuk mata pelajaran yang sangat dikuasai anak, berilah fasilitas pendukung ke mata pelajaran tersebut agar bisa menjadi kemudahan bagi anak meraih cita - citanya.

Demikian tips mendidik anak menjadi cerdas dan bahagia. Cerdas dan bahagia harus didapat bersamaan untuk menghasilkan generasi penerus bangsa yang unggul dan tangguh. Semoga ayah dan bunda merasakan manfaat dari tips diatas.

0 Response to "TIPS MENDIDIK ANAK JADI CERDAS DAN BAHAGIA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel