-->

MAKANAN SEHAT UNTUK PENDERITA KOLESTEROL TINGGI

Makanan penurun kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi bisa membahayakan, karena memicu berbagai penyakit mematikan seperti : pwnyakit jantung koroner, serangan jantung dan stroke. Penderita kolesterol tinggi harus menjaga pola hidup dan mengatur menu makanannya agar kadar kolesterol bisa normal. Berbagai menu makanan sehat di bawah ini bisa menjadi referensi menu harian anda.

1. Sup Jamur
    Tekstur jamur yang berserat akan terasa nikmat bila disantap dalam bentuk sup. Kandungan betagukan, eritadenine dan chitosan dalam jamur mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

2. Yogurt
    Yogurt adalah produk olahan susu yang aman dikonsumsi penderita kolesterol tinggi.

3. Rujak
    Campuran buah pepaya, jambu biji dan tomat. Bumbu rujak yang dipakai tanpa tambahan terasi dan kacang tanahnya disangrai.

4. Buah - buah segar lainnya
    Apel, alpukat, pir, jeruk, strawberry dan anggur. Jenis buah tersebut bisa menurunkan tingkat kolesterol.

5. Ikan Pepes
    Menu ikan akan terasa nikmat dan segar bila diolah jadi ikan pepes dengan cara kukus (bukan dibakar). Ikan yang diolah harus dengan kadar lemak rendah.

6. Kacang - kacangan
    Kacang tanah, kacang merah, kacang mete terbukti baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Tentu harus dimasak dengan teknik rebus atau panggang.

7. Bubur Kacang Hijau
    Menu sehat yang satu ini tidak ketinggalan untuk dinikmati. Jangan tambahkan tepung untuk pengental, kemudian gunakan campuran susu tanpa lemak sebagai ganti santan.

8. Susu Kedelai
    Susu kedelai merupakan pilihan yang tepat untuk mengisi daftar menu anda. Penelitian telah membuktikan bahwa susu kedelai bermanfaat mengurangi kolesterol secara signifikan. Namun sebaiknya diminum segelar kecil dalam waktu 3 kali seminggu. Karena tidak sehat mengonsumsi dengan sering.

9. Tahu & Tempe
    Khasiat dua jenis lauk ini sama dengan susu kedelai. Bila ingin menjadikan tahu & tempe sebagai lauk, bisa berupa tahu tempe bacem, tempe orek dan tahu berkuah kuning.

10. Sayur Asem
      Sayur yang digunakan ialah terong, jagung muda, biji melinjo dan kacang arcis. Rasa sayur ini segar dan baik untuk kesehatan tubuh anda.

11. Ikan Nila Arsik
     Makanan khas suku Batak inipun cukup enak di lidah dan sehat untuk orang dengan masalah kolesterol. Anda bisa menambahkan tahu dan sayur kacang panjang sebagai pelengkap.

12. Pecal
      Siapa tidak kenal dengan pecal? Makanan yang terdiri dari campuran beragam sayur ditambah bumbu kacang yang lezat bisa menjadi menu makan siang anda. Tapi ingat agar kacangnya disangrai dan jangan tambahkan terasi.

0 Response to "MAKANAN SEHAT UNTUK PENDERITA KOLESTEROL TINGGI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel